Saturday, May 2, 2015

Apa Itu Keylogger ?


Keylogger sering kali dikaitkan dengan para hacker/cracker dan sebagainya lah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan info / informasi dari pengguna melalui suatu komputer. Keylogger pada dasarnya bekerja dengan merekam segala input yang diketik pada keyboard komputer.

Software keylogger dapat ditemukan dalam berbagai jenis. Ada juga yang dapat dibuat sendiri dengan menghasilkan coding program sendiri. Software keylogger yang bagus dapat bekerja secara hidden / secara backdoor dalam suatu komputer. Ini berarti software keylogger tersebut tidak dapat terdeteksi oleh antivirus walaupun software keylogger tersebut sendiri dianggap sebagai malware.

Bagaimana Cara Keylogger Bekerja ?
Keylogger yang modern dapat merekam apa saja bukan hanya dapat merekam input keyboard dari pengguna. Bahkan keylogger tersebut mampu merekam file yang ada dalam komputer, merekam website yang kita buka, mengambil screenshot laptop dan keuntungan yang paling unik adalah mampu mengirim log file yang telah direkam melalui email kepada hacker melalui port tertentu.

Keylogger sebenarnya tidak jahat. Terserah pada kita sendiri bagaimana ingin menggunakannya. Contoh yang baik, keylogger bisa digunakan untuk mengawasi anak-anak dalam penggunaan internet yang luas di jaman modern ini. Dengan ini kita dapat melacak kemana anak-anak ketika browsing internet sewaktu kita tidak ada.

Jadi kesimpulannya secara umum, berhati-hatilah ketika menggunakan komputer di tempat umum. Kita tidak tahu mungkin si pemilik secara diam telah memasang keylogger terlebih dahulu pada komputer tersebut untuk kepentingan tertentu

2 comments:

Syarifah Aini said...

Artinya ya? tutorialnya juga sekalian dong Kak... :3 .

topikmahendra said...

Males update :D